Contoh Proposal Uji Kompetensi MM



BAB I
PENDAHULUAN

Judul yang diusulkan dalam proposal tugas akhir ini adalah :
BAHAYA TIDAK MENGGUNAKAN HELM SNI

1.1    LATAR BELAKANG

Kemajuan teknologi yang pesat pada saat ini menimbulkan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan. Dari kecanggihan tersebut, berbagai informasi dapat kita peroleh. yang ingin kita cari misalnya adalah iklan layanan masyarakat sebagai salah satu tugas dalam penentuan kelulusan.
                     Dengan adanya iklan layanan masyarakat ini, kita dapat mengetahui tentang iklan layanan masyarakat dan memberitahukan kepada masyarakat luas dengan beberapa informasi tentang :
 BAHAYA TIDAK MENGGUNAKAN HELM SNI “
Saya prihatin dan sangat menyesalkan dengan banyaknya korban yang kecelakaan di jalan raya yang tidak patuh atau melanggar tata tertib lalu lintas diantaranya tidak menggunakan helm saat berkendara dan akibatnya ada yang gagar otak, kepalanya pecah dan sampai meninggal di tempat kejadian.
            Dalam pembuatan Iklan Layanan Masyarakat ini akan membantu kita dalam menjaga keselamatan dengan adanya beberapa tips yang telah disediakan.
                     Jadi, jangan sepelekan keselamatan anda , jaga dengan baik keselamatan diri anda, karena dalam kehidupan modern saat ini negara indonesia ini semakin padat pengendara sepeda motor .
1.2    RUMUSAN MASALAH  

Sehubungan dengan uraian yang telah di jelaskan di atas dapat dirumuskan bahwa permasalahnnya adalah bagaimana cara membuat tips menjaga keselamatan yang memenuhi standart berkendara dan mudah untuk diterapkan baik dikalangan remaja maupun dikalangan dewasa.
1.3    BATASAN  MASALAH

Permasalahan Iklan Layanan Masyarakat tentang bahaya tidak menggunakan helm standart bagi pengendara sepeda motor ini dibatasi dengan hal-hal sebagai berikut:
  1. Area Jalan raya dan di lingkungan Ds.Kedung kembar. Dsn..Glonggong RT 02 RW 02 Prambon- Sidoarjo
  2. Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Premire Pro, Macromedia Flash, Corel Draw ,Adobe Audision ,Xilosoft Video Converter dan Microsoft Word.
  3. Pengambilan gambar menggunakan Handycam dan kamera.
1.4    TUJUAN

Adapun tujuan dari pembuatan proposal uji kompetensi ini meliputi :
  1. Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan uji kompetensi di SMK Krian 2.
  2. Menghasilkan suatu iklan layanan masyarakat yang berisi tentang beberapa tips sederhana dalam menjaga keselamatan yang mencakup semua kalangan dimana mereka dapat memperoleh informasi yang dihasilkan dari iklan tersebut.

1.5    MANFAAT

Manfaat dari penulisan proposal uji kompetensi ini adalah :
  1. Membantu untuk merubah pola hidup yang kurang baik menjadi ke pola hidup yang lebih tertib teratur dalam berlalu lintas
  2. Meningkatkan kewaspadaan akan pentingnya keselamatan bagi diri sendiri maupun orang banyak dengan selalu berhati-hati saat mengendarai kendaraan anda.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


2.1 DASAR TEORI
A.   MICROSOFT WORD
Microsoft word adalah software yang berfungsi untuk pembuatan storyboard dan proposal
B.   ADOBE PHOTOSHOP
Adobe Photoshop adalah sebuah software yang berfungsi untuk pembuatan grafis mulai dari edit foto, merancang gambar,menyunting gambar/foto dan bahkan dapat digunakan untuk memanipulasi gambar/foto
Photoshop merupakan software yang berguna untuk mengolah gambar bitmap, Image atau gambar Bitmap yang sering disebut Raster, merupakan gambar yang dibentuk dari grid-grid warna. Grid ini adalah elemen dasar dari sebuah image atau gambar yang disebut pixel atau picture elements. Pada saat kita menyunting image atau gambar, proses yang terjadi sebenarnya adalah kita hanya menyunting lokasi pixel-pixelnya.

Software ini mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas tinggi. Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna yaitu RGB color model, Lab color model, CMYK color model, Grayscale, Bitmap dan Duotone.
C.   ADOBE PREMIERE Pro 0.2

Adobe Premiere sebuah program penyunting video. Software ini adalah bagian dari Adobe Creative Suite, sebuah rangkaian dari desain grafis, video editing, dan pengembangan aplikasi web yang dibuat oleh Adobe Systems. Adobe Premiere mendukung banyak kartu video editing dan plug-in untuk percepatan proses, tambahan mendukung format file, dan video / audio efek. Premiere Pro CS2 adalah versi pertama yang akan dioptimalkan untuk 64-bit sistem operasi meskipun tidak natively 64-bit.
Premiere Pro merupakan penerus untuk mendesain ulang Adobe Premiere, dan diluncurkan pada tahun 2003. Premiere Pro merujuk ke versi dirilis pada tahun 2003 dan kemudian, sedangkan Premiere merujuk pada rilis sebelumnya





BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


3.1  BAHAN DAN ALAT PENELITIAN

Dalam pembuatan Iklan Layanan Masyarakat tentang :
 Bahaya tidak menggunakan helm SNI”,
·      Bahan-bahan yang di gunakan antara lain :
a.       Software-software yang digunakan dalam pembuatan iklan layanan masyarakat
b.      Lokasi pengambilan gambar yaitu di jalan raya dan di lingkungan Ds. Kedung Kembar Dsn.Glonggong RT 02 RW 02 Prambon-Sidoarjo
c.       Audio dan video
·      Alat-alat yang digunakan antara lain :
a.       Seperangkat Personal Komputer yang digunakan untuk membantu dalam penyelesaian pembuatan Iklan Layanan Masyarakat
b.      Handycam dan Tripot yang digunakan untuk merekam/mengambil gambar dalam pembuatan Iklan Layanan Masyarakat.
3.2  TEKNIK PENGUMPULAN DATA

                    Untuk dapat menghasilkan Iklan Layanan Masyarakat dengan Tips yang baik dan mudah untuk diterapkan dikalangan masyarakat serta untuk menentukan batasan-batasannya itu butuh sumber bagi penulisnya.
               Dari sumber yang ada berupa data-data bisa didapat dengan lebih jelas dan lengkap, yaitu dengan cara :
A.          PRA PRODUKSI
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan proses produksi dalam pembuatan iklan layanan masyarakat tentang Bahaya Tidak Menggunakan Helm SNIyaitu :
1.        Membuat Story board
                 Storyboard adalah Suatu gambar atau sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung.
                 Dalam pembuatan Storyboard, langkah awal yang dilakukan adalah melakukan pembuatan gambar sketsa secara manual (dengan menggambar) di kertas HVS kemudian di scan dan di edit dengan menggunakan software Adobe Photoshop.
Langkah kedua adalah melakukan proses pengeditan gambar pada software Adobe Photoshop, dimana gambar tersebut di beri efek Poster edges dan Black and White agar terlihat seperti gambar sketsa.
Langkah ketiga adalah membuat sebuah narasi baik yang berbentuk prolog, dialog dan monolog.
Di bawah ini terdapat contoh dalam pembuatan storyboard yaitu:

No.
Gambar
Durasi
Keterangan
Audio/suara
1.
Description: I:\Untitled-1.jpg
6 detik
Ada seorang pengendara yang bernama jono sedang mengebut di jalan
Suara sepeda motor
2.
Description: D:\tugaz proposal 2012\Untitled-1.jpg
17detik
Di tengah jalan jono bertemu dengan temannya  yaitu wildan dan mereka mengobrol di tengah jalan.
Suara pemain si A dan pemain si B
3.
Description: D:\tugaz proposal 2012\Untitled-1.jpg
15detik
saat berhenti di jembatan dan mau menyebrang, wildan mengingatkan kepada jono bahwa Helm yang di pakainya itu tidak standart
dan jono pun tidak menghiraukan teguran wildan.
Suara pemain si A dan pemain si B
4.
Description: D:\tugaz proposal 2012\Untitled-1.jpg
4 menit
Setelah itu saat menghampiri wildan yg sudah tak kelihatan di tengah jalan tanpa sengaja jono menyerempet sepeda yg ada di depannya dan ternyata itu temannya sendiri yaitu melki.
Suara motor dan suara pemain si C
5.
Description: D:\tugaz proposal 2012\Untitled-1.jpg
3 detik
Jono pun kehilangan kendali dan jatuh di semak-semak pingir jalan, dan helm yg di pakainya pun copot.
Suara pemain A
6.
Description: D:\tugaz proposal 2012\Untitled-1.jpg
8 detik
Tak lama kemudian teman-temannya jono lari dan menghampiri untuk menolong jono yang sedang kesakitan,dan mengingatkan jono bahwa memakai helm yg tidak berstandart itu berbahaya bagi keselamatan.
Suara pemain A ,pemain B dan pemain C

2.        Menyiapkan berbagai alat dan bahan yang akan di gunakan
dalam proses produksi yaitu menyiapkan audio, seperangkat Personal komputer, software-software , Tripot, dan handycam yang akan membantu dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat.
3.        Menyiapkan lokasi untuk melakukan pengambilan gambar
  dan video.

B. PRODUKSI
Hal-hal yang harus dilakukan pada saat melakukan proses produksi dalam pembuatan iklan layanan masyarakat tentang Bahaya Tidak Menggunakan Helm SNIyaitu :
1.   Melakukan pengambilan video dengan menggunakan Handycam milik SMK Krian 2, di lokasi yang telah disiapkan.
a.    Dalam proses pengambilan gambar terhadap suatu objek, ada
     beberapa teknik yang digunakan yaitu :
·         Low Angle
Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat besar. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai agung/ prominance, berwibawa, kuat, dominan.
·         Eye Level
Sudut pengambilan gambar sejajar dengan objek. Hasilnya memperlihatkan tangkapan pandangan mata seseorang. Teknik ini tidak memiliki kesan dramatis melainkan kesan wajar.
·         Frog Eye
Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian kamera sejajar
dengan alas/dasar kedudukan objek atau lebih rendah.
b.      Dalam proses pengambilan video ada beberapa teknik yang digunakan antara lain :



·           Long Shot (LS)
Shooting dilakukan dari jarak jauh, tetapi tidak sejauh establish shot (pandangan mata burung).digunakan untuk penekanan terhadap lingkungan sekitar atau setting dalam scene.
·           Medium Shot (MS)
Shooting untuk membuat frame actor. Biasanya dilakukan dari pinggang ke atas. Medium shot (MS) bisa digunakan untuk membuat focus terhadap 2 orang actor yang saling berhadapan dan beinteraksi,missalnya: debat, berpelukan dan sebagainya.
Dalam proses merekam video dengan sempurna ada beberapa teknik yang digunakan antara lain :
·               Atur white balance pada setiap perpindahan lokasi atau pergantian sumber pencahayaan.
·               Jika melakukan pengambilan gambar di luar ruangan (outdoor shooting), posisikan matahari di belakang anda. Begitu juga sumber pencahayaan lainnya.
·               Gunakan tripod atau alat bantu lainnya.
·               Dalam kondisi rekaman tanpa alat bantu (handhelds), pegang dan kendalikan kamera video sedemikian rupa agar hasil rekaman tetap stabil (andaikan sebagai secangkir kopi panas).
·               Jaga durasi setiap shot. Jangan terlalu panjang dan monoton (tanpa variasi), namun juga jangan terlalu pendek. Minimal antara 8 hingga 10 detik. Tidak ada batas maksimal karena tergantung action yang direkam.
2.  Melakukan proses pengonvertan (pengubahan format) file video dari format “.Avi” ke dalam format ”.Wmv” , dengan menggunakan software Xilisoft Converter.
                        Software ini merupakan sebuah software yang gunanya untuk mengkonversikan video dan bahkan audio ke berbagai macam format misalnya dapat mengkonversikan video ke format AVI, MPEG, WMV, MP4, MKV, MOV, 3GP, dll.
Mengkonversikan format audio ke MP3, WMA, WAV, dll.
                        Keunggulan software ini adalah adanya fasilitas editing video efek yang mampu mengcustomisasi video : crop ukuran video, edit video efek dsb, bisa convert mulitple file secara otomatis, Video dan Audio codec bisa dimodifikasi, dll.

3.  Membuat animasi sederhana dengan menggunakan software Macromedia Flash.
ü  Langkah awal adalah membuat gambar yang akan dijadikan animasi dengan menggunakan software Corel Draw.
Software ini merupakan software pembuat grafik vector yang mana dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Gambar vector adalah suatu gambar yang terdiri dari kurva/garis yang apabila diperbesar, gambarnya tidak akan pecah.
 Gambar bitmap adalah suatu gambar yang terdiri dari ribuan titik/pixel yang apabila diperbesar, gambarnya akan pecah. Keunggulan Corel Draw yaitu :
·         Format grafis yang didukung sangat banyak sehingga membantu kompatibilitasnya.
·         Mempunyai banyak tools dan effect yang memudahkan pembuatan objek vector (garis, lengkung, kotak) terutama dalam mendesain/redesign logo. Dll
ü  Langkah kedua adalah memasukkan gambar yang telah dibuat dari Corel Draw ke dalam Macromedia Flah dan melakukan proses pembuatan animsi.
                        Macromedia Flash merupakan salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems.
                        Macromedia Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript.

4.    Melakukan pengeditan video dengan menggunakan software Adobe Premiere. Software ini merupakan sebuah program penyunting video dimana memiliki kelebihan-kelebihan yaitu:
·      Dapat digunakan mengedit file video yang berbeda dan ukuran yang berbeda.
·      Timeline Yang Memiliki 99 Kolom Video dan 99 kolom audio, mempunyai Ketelitian sampai 0.01 sekon, dll.
·      Logo yang akan di gunakan :

C.   POST PRODUKSI
Hal-hal yang harus dilakukan pada saat melakukan tahap akhir produksi dalam pembuatan iklan layanan masyarakat yaitu :

a.        Finishing
Dalam tahap ini hal-hal yang akan dilakukan yaitu :
·                               Memburn file video yang telah jadi ke dalam VCD/DVD
     dengan menggunakan software Nero Startsmart.
                 Software ini merupakan Nero adalah sebuah Program yang paling banyak digunakan sebagai media perangkat lunak untuk membakar CD & DVD .
                 Keunggulan dari software ini adalah lebih cepat dan mudah dalam membakar, autobackup dan lain-lain, dapat menyalin, share, upload dan membuat musik,
·                               Membuat Cover CD dan label CD dengan menggunakan
     software Adobe Photoshop kemudian langkah terakhir yaitu
     di print.

   Pengumpulan data ini digunakan untuk menentukan ruang lingkup atau batasan-batasan yang diperlukan. Setelah pengumpulan data maka dapat dibuat suatu iklan layanan masyarakat tentang Bahaya Tidak Menggunakan Heelm SNI”.


BAB IV

A.            LAPORAN LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN
1. MEMBUAT ANIMASI 1
a.       Bukalah software Macromedia flash 8
b.      Klik Flash dokument, klik OK
c.       Klik New layer





d.                              Klik File-Import-Import to library




e.          Drag dari library ke Stage dengan ukuran sebagai berikut






f.          Klik kanan pada timeline 40-pilih insert frame-klik kanan lagi
        pilih insert keyframe


 





g.         Kemudian lakukan langkah tersebut seterusnya dengan urut-urutan gambar yang telah di buat, misalnya klik kanan pada frame 3-pilih insert keyframe.  


h.         Setelah semuanya selesai, Klik file-pilih Eksport-Export movie


 









i.        Pilih penempatan folder, Ketik file name- pilih AVI pada save as type.


 








2.     MELAKUKAN PENGEDITAN AUDIO
a.       Bukalah software Cool Edit pro
b.      Klik kanan-Pilih open-pilih audio yang akan di edit.








c.       Klik Switch to edit view








d.      Drag file ke track, lalu blok audio yang akan di beri efek pelan di akhir-klik effect- pilih amplitude-klik Envelope





e.       Lalu pilih Smooth fade out-klik OK


 






f.       Klik File-pilih save as-pilih penempatan folder dan ketikkan nama pada file name-pilih MP3 pada save as type







3.     MELAKUKAN PENGEDITAN VIDEO (ADOBE PREMIERE)
a.       Buka software Adobe premiere Pro, setelah muncul tampilan-pilih PAL(48 Hz)
b.      Klik kanan pada project-import






c.       Kemudian drag file yang telah di import ke dalam Timeline
d.      Untuk menghilangkan audio pada video, Klik kanan pada video-Unlink audio and video-klik audio-tekan delete







e.       Klik Razor untuk memotong bagian Video yang tidak dibutuhkan.


 







f.       Klik Pada bagian video yang akan dihapus-tekan delete
g.      Untuk memberi efek video agar terkesan dramatis klik Effect pada bagian project-pilih video effect-Blur and sharpen-Pilih ghosting.


 







h.      Untuk memberi efek halus pada video klik Effect pada bagian project-pilih video transtition -Dissolve -Pilih Additive disolve atau Cross dissolve.


 







i.        Setelah semua pengeditan selesai, tekan enter untuk merender file-file yang telah diedit.
j.        Klik File-Export Movie-pilih penempatan dan ketik nama file –klik OK


 








4.     MELAKUKAN PEMBURNINGAN
a.       Bukalah software Nero Startsmart
b.      Klik Favorite- pilih make data to CD
c.       Pilih file yang akan di burn-lalu ketikkan nama untuk CD yang akan diburn.
d.      Tekan burn- lalu tunggu prosesnya selesai.














BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
                 Dari pembuatan iklan layanan masyarakat tentang Bahaya Tidak Menggunakan Helm SNI dapat ditarik kesimpulan bahwa keselamatan adalah harta yang paling berharga apabila kita ceroboh dalam berkendara, maka kita tidak akan bisa luput dari yang namanya Bahaya. Di zaman sekarang, banyak sekali manusia yang mengabaikan keselamatannya. Tetapi adapula yang senantiasa selalu menjaga keselamatannya demi kelangsunagn hidupnya di masa mendatang.

5.2 Saran
                 Dengan adanya tips dalam menjaga keselamatan di atas, penulis menyarankan agar kita selalu menjaga keselamatan dengan cara yang sederhana pun, contohnya mempersiapkan apa yang harus di perhatikan seperti perlengkapan keselamatan, mengecek sepeda motor sebelum berkendara, dan jangan lupa memakai helm yang setandart agar keselamatan kita terjamin, dan sebagainya.





DAFTAR PUSTAKA

Http//:yoga.yossi@yahoo.com
Http//:obstetriginekologi.com
Http//:Tips keselamatan dalam berkendara.com




1 komentar:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

 

Blogger news

Blogroll

About